Toko Oen – Semarang

wisata kuliner semarang, tempat makan semarang, oleh oleh semarang

Bagi yang ingin berlibur atau sekedar mampir ke Semarang, ada satu tempat yang layak dicoba, yaitu Toko Oen.
Konon katanya toko Oen ini sudah ada sejak jaman kolonial dahulu. Sampai saat ini Toko Oen masih kokoh berdiri, tak jauh dari area kawasan Kota Tua Semarang dengan nuansa bangunan tua dan terlihat tidak dipengaruhi oleh perubahan-perubahan bangunan di sekitarnya.

Pada saat memasuki toko Oen, terasa sekali suasana tempo doeloe nya. Susunan meja-meja, furniture, lampu-lampunya, terasa seperti berada di era abad ke 20. Tidak banyak sentuhan modern di interiornya, seperti semuanya dibiarkan seperti itu sejak dahulunya.

Selain terkenal dengan es krim, pastry, dan kue kering, Toko Oen juga menyediakan menu makan “berat” yang cukup bervariasi, mulai dari menu western, chinese dan Indonesia. Namun untuk yang muslim harap berhati-hati dalam memilih menunya karena ada menu tertentu yang tidak diperbolehkan untuk dimakan bagi umat muslim.

Karena penasaran, akhirnya kami memesan Es krim Chipolata, Chicken Cordon Bleu, dan secangkir kopi.

Chipolata ice cream disajikan seperti potongan kue, dan di atasnya dihiasi sedikit sukade berwarna-warni. Rasanya mengingatkan kita akan rasa es krim jaman dulu, teksturnya agak kasar, tidak seperti es krim yang sangat lembut seperti yang banyak kita jumpai saat sekarang ini.

wisata kuliner semarang, Chipolata ice cream, oleh oleh semarang, tempat makan semarang

Chicken Cordon Bleu – nya sungguh memiliki rasa yang khas, berbeda dari chicken cordon bleu pada umumnya walaupun tampilannya tidak jauh berbeda. Seperti ada bumbu yang khas terasa pada chicken cordon bleu Toko Oen ini saat menikmati irisan ayam yang dilumuri sausnya. Yummy!

gambar chicker cordon bleu

Sedangkan kopi hangatnya menurut saya lumayan, dan sangat sesuai dengan suasana di dalam Toko Oen. Berasa seperti nyonya ningrat!

wisata kuliner semarang, tempat makan semarang, oleh oleh semarang
Harga menu di Toko Oen ini cukup bervariasi, mulai dari Rp 20.000++, bisa dibilang tidak jauh berbeda dengan standard harga di restoran hotel berbintang. Walaupun begitu, harga yang dibayarkan setara dengan kepuasan yang kita terima saat menikmati sajian dan suasana di dalam Toko Oen yang berkelas.

Saat mau beranjak, jangan lupa membawa sesuatu untuk dibawa pulang. Aneka kue kering dan pastry yang menggoda tentu layak dijadikan oleh-oleh. Dan konon katanya juga, resep kue kering yang ada di Toko Oen ini merupakan resep asli dari jaman dahulunya. Jadi bila anda penasaran dengan rasa asli kue kering dari Belanda seperti kaasstengel, theekrantjes, savoye, janhagel dan kue kering Belanda lainnya, semua bisa anda dapatkan disini dengan harga mulai dari Rp 20.000++ per ons nya.

Nama : Toko Oen
Alamat : Jl. Pemuda 52, Semarang 50138 Indonesia
Mail : info@tokooen.com
Phone : +6224-3541683
Website : www.tokooen.com


One Response to “Toko Oen – Semarang”

  1. saya menyukai postingan mengenai toko oen ini, pengalaman yang seru yaa buat dishare. dan memberikan informasi yang bermanfaat!!
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>